PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA KELAS IV B SD-1 AL-AZHAR MEDAN

Rozi, Fahrur (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA KELAS IV B SD-1 AL-AZHAR MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500071188810006 abstrak.pdf]
Preview
Text
1500071188810006 abstrak.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 1500071188810006 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
1500071188810006 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (799kB) | Preview
[thumbnail of 1500071188810006 bab I.pdf]
Preview
Text
1500071188810006 bab I.pdf - Published Version

Download (704kB) | Preview
[thumbnail of 1500071188810006 bab V.pdf]
Preview
Text
1500071188810006 bab V.pdf - Published Version

Download (695kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan basil belajar IPA dan kecakapan sosial siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini dilakukan di SD-1 Al-Azhar Medan, Jalan Pintu Air No. 214 Kwala Bekala, Padang Bulan Medan.Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang masing-masing terdiri dari siklus pertama tiga kali pertemuan, sildus kedua tiga kali pertemuan, dan siklus ketiga tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observation), dan refleksi (reflecting). Jumlah subjek dalam pelaksanaan siklus masing-masing 29 orang siswa kelas IV B Tahun Pelajaran 2008/2009. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan basil setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan, hasil evaluasi pembelajaran pada siklus 1, rata-rata skor subjek penelitian 71,72%. Hasil evaluasi pada akhir siklus II rata-rata kelas mencapai 81,03%. Hasil Evaluasi pada akhir siklus III rata-rata kelas mencapai 86,03%. Peningkatan hasil belajar dinyatakan dalam bentuk persentase (%) Gain ternormalisasi adalah 48% mempunyai kategori sedang.Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dari segi guru yang telah dilaksanakan pada siklus I dengan nilai rata-rata dari kedua pengamat adalah 79,16%, siklus II 87,50%, dan siklus III 95,83%. PAKEM dari segi siswa juga telah menunjukkan hasil yang cukup memuaskan terlihat dari nilai rata-rata kedua pengamat pada siklus I adalah 77,24%, siklus II 87,58%, dan siklus III 91,21%. Respon siswa selama mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siklus I, siklus II, dan siklus III sangat positif baik melalui data yang diperoleh melalui pengamatan maupun dari basil wawancara dengan siswa. Kemampuan sosial siswa juga mengalami peningkatan di antaranya mengenai kemampuan beketjasama, tanggungjawab sosial, berinteraksi, dan pengelolaan konflik.Dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw melalui pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan diharapkan guru dapat merencanakan pembelajaran secara matang dengan mempertimbangkan waktu yang tersedia dan pengelolaan kelas yang baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw melalui pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan kecakapan sosial siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.011 Roz p
Keywords: Belajar;Pembelajaran;Sekolah;Sosial;Ilmu Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 25 Apr 2016 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2900

Actions (login required)

View Item
View Item