AMALIA, DINI WUTSQA (2017) PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP PENGUASAAN PEMBELAJARAN TARI SERAMPANG XII DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123140013 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 2123140013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
3. NIM. 2123140013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 2123140013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 2123140013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 2123140013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2123140013 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2123140013 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 2123140013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. NIM. 2123140013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
14. NIM. 2123140013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode drill terhadap penguasaan pembelajaran tari Serampang XII dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Medan.Dalam pembahasan ini menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik penelitian yaitu teori penerapan, pembelajaran tari, Serampang XII, ekstrakurikuler, dan metode drill.Metode yang digunakan dalah metode deskriptifkuantitatif. Dan penelitian ini juga menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test dimana pre-test mencari hasil sebelum menggunakan penerapan metode drill, sedangkan post-test sesudah melakukan penerapan metode drill dalam pembelajaran tari Serampang XII. Populasi pada penelitian sekaligus menjadi sampel penelitian yaitu siswi SMA Negeri 3 Medan yang sedang mengikuti ekstrakurikuler di sekolah yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data meliputi dengan studi dokumentasi, dan studi kepustakaan.Dari perolehan data diketahui hasil perhitungan bahwa untuk hasil Pre-test pembelajaran tari Serampang XII sebelum dengan menggunakan penerapan metode drill dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata = 62,56, dan standar deviasi = 58,70. Dan hasil nilai keterampilan tari Serampang XII dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 78,32 , dan standar deviasi = 72,42. Berdasarkan hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”, hasil perhitungan uji “t” pada penerapan metode drill terhadap penguasaan pembelajaran tari Serampang XII dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 medan diperoleh besar thitung = 7,7922 dan ttabel = 1,65. Sehingga thitung > ttabel (7,7922> 1,65) maka hipotesis nihil atau (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran tari serampang XII menggunakan metode drill berpengaruh signifikan terhadap kegiatan ekstrakurikuler siswa SMA Negeri 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 TARI 007 |
Keywords: | METODE DRILL, PEMBELAJARAN TARI SERAMPANG XII |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:45 |
Last Modified: | 15 Mar 2018 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28999 |