Morafika, Febri (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 9 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321056 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4133321056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
3. NIM 4133321056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM 4133321056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM 4133321056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
6.NIM 4133321056 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7. NIM 4133321056 TABLES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
8. NIM 4133321056 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM 4133321056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
13. NIM 4133321056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14. NIM 4133321056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantu audiovisual terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum newton di kelas X semester I SMA 9 Medan T.P 2017/2018.Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester I SMA 9 Medan T.P 2017/2018. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantu audiovisual, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran langsung, masing-masing kelas sebanyak 36 siswa untuk kelas eksperimen dan 36 siswa untuk kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan berganda sebanyak 15 soal dan aktivitas serta sikap siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer.Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantu audiovisual diperoleh rata-rata pretes 44,83 dan nilai rata-rata postes 77,58. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata pretes 43,17 dan rata-rata postes 68,92. Penelitian ini juga memperhatikan sikap dan aktivitas siswa pada kelas eksperimen. Berdasarkan observasi diperoleh bahwa sikap dan aktivitas siswa meningkat dari pertemuan pertama ke pertemuan ketiga. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,76 sedangkan ttabel = 2,00. Karena thitung > ttabel (3,76 > 2,00) maka Hipotesis Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantu audiovisual terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok Hukum Newton di SMA Negeri 9 Medan T.P. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 045 |
Keywords: | Model Kooperatif Tipe Group Investigation, Konvensional, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:15 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28941 |