Monalisa, Shela (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR DI KELAS X SMA NEGERI 4 BINJAI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131111046 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4131111046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4131111046.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
3. NIM 4131111046 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM 4131111046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM 4131111046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
6. NIM 4131111046 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
7. NIM 4131111046 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4131111046 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
9. 4131111046 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
10. 4131111046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
14. 4131111046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
15. 4131111046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dibandingkan model pembelajaran Kooperatif tipe TTW pada materi Sistem persamaan dan pertidaksamaan linear di kelas X SMA Negeri 4 Binjai T.A 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MIA SMA Negeri 4 Binjai Yang terbagi dalam 8 kelas. Dan yang menjadi sampel penelitian adalah dua kelas yang terpilih dengan teknik simple random sampling yaitu kelas X Mia-3 menjadi kelas eksperimen A yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan kelas X Mia-5 menjadi kelas eksperimen B diajarkan dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe TTW. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen A diperoleh nilai rata-rata posttest adalah 78,15 sedangkan pada kelas eksperimen B nilai rata-rata posttest adalah 72,65. Setelah diuji terbukti data berdistribusi normal dan homogen. Setelah data terbukti berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t pihak kanan. Dari hasil uji hipotesis diperoleh〖 t〗_hitung (2,660)>〖 t_tabel(1,667) maka ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model PBL lebih tinggi dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear di kelas X SMA Negeri 4 Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 052 |
Keywords: | Model pembelajaran PBL dan TTW, Pemecahan masalah matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:00 |
Last Modified: | 13 Mar 2018 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28924 |