Nasution, Boby Youlanda Azzhar (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN KAB.DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6131111022 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM 6131111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (654kB) | Preview
3. NIM 6131111022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM 6131111022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM 6131111022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 6131111022 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 6131111022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 6131111022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 6131111022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM 6131111022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM 6131111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarpassing bawah bola voli melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 35 orang, terdiri dari 27 orang siswa putra dan 8 orang siswa putri.Berdasarkan tes awal hasil belajar keterampilan passing bawah bola voli 11 siswa telah tuntas (31,35%) dan 24 siswa tidak tuntas (68,4%) dengan nilai rata-rata klasikal 66,67. Dari observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli melalui pendekatan saintifik, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (75). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (92,50). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli melalui pendekatan saintifik, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (60). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi lebih baik (85). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan passing bawah maka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 19 siswa (54,28%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 16 siswa (45,71 %) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata klasikal 72,62. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 30 siswa (85,71 %) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (14,28 %) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai klasikal 81,67. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85 %.Berdasarkan hasil analisa data diperoleh kesimpulan bahwa melalui pendekatan saintifik dapat memberikan pengaruh dalam upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 017 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, PENDEKATAN SAINTIFIK |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 13:54 |
Last Modified: | 13 Mar 2018 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28904 |