HARAHAP, ARI ARFANSYAH (2018) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342055_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 7133342055_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3. NIM. 7133342055_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
4. NIM. 7133342055_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 7133342055_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 7133342055_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7133342055_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7133342055_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 7133342055_BAB I.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
13. NIM. 7133342055_BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM. 7133342055_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar
komputer akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI
akuntansi di SMK Negeri 1 Sipirok Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan penerapan media
pembelajaran Jobsheet.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sipirok. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI AK 3 dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan test hasil belajar dan angket motivasi siswa. Sedangkan
teknik analisis data dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.
Berdasarkan analisis data terjadi peningkatan motivasi siswa pada siklus I
kesiklus II. Pada siklus I diperoleh 35,29% atau 12 orang siswa untuk motivasi tinggi
dan sangat tinggi. Sedangkan pada siklus II diperoleh 76,47% atau 26 orang siswa untuk
motivasi tinggi dan sangat tinggi. Sehingga motivasi belajar meningkat dari siklus I ke
siklus II sebesar 41,18%. Selanjutnya test yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 21
orang dari 34 orang siswa yang mendapat nilai ≥70 atau sebesar (61,76%) dan 13 orang
siswa mendapat nilai ≤ 70 atau sebesar (38,24%) dengan nilai rata-rata 66,63. Pada siklus
II yang memperoleh nilai ≥70 sebanyak 27 orang siswa dengan persentase (79,42%) dan
siswa yang memperoleh ≤ 70 sebanyak 7 orang dengan nilai rata-rata sebesar 72,71.Jadi
peningkatan nilai rata-rata dari siklus I kesiklus II 6,08.
Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan media
pembelajaran Jobsheet di kelas XI AK 3 SMK Ngeri 1 Sipirok Tahun Pelajaran
2017/2018 dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar komputer akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 027 |
Keywords: | MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:26 |
Last Modified: | 09 Mar 2018 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28891 |