Boangmanalu, Siska (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4133321021 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. 4133321021 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 4133321021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. 4133321021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
5. 4133321021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
6. 4133321021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. 4133321021 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. 4133321021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. 4133321021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
13. 4133321021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. 4133321021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas X MIA 2 dengan jumlah siswa 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : tes hasil belajar, dan lembaran observasi aktivitas siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay tes dengan jumlah 10 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 39,40 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,08. Setelah diberikan perlakuan kelas ekperimen menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional, nilai rata-rata postest kelas eksperimen menjadi 76,17 dan kelas kontrol 61,69. Dan berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak dimana thitung > ttabel atau 4,53>1,669 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Suhu dan Kalor di kelas X Semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 037 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Maslah; Pembelajaran Konvesional; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:22 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 10:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28884 |