BR SEMBIRING, EVA SUSANTI (2017) ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGI PADA TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 2133111026 Cover.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2 Nim 2133111026 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
3 Nim 2133111026 Abstrak.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4 Nim 2133111026 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5 Nim 2133111026 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6 Nim 2133111026 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
7 Nim 2133111026 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 Nim 2133111026 BAB I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
12 Nim 2133111026 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13 Nim 2133111026 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan morfologi pada teks negosiasi siswa kelas X SMKNegeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. (2) untuk mendeskripsikan pemilihan kata yang tepat pada kesalahan morfologi pada teks negosiasi siswa kelas X SMKNegeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks negosiasi yang ditulis oleh siswa kelasX SMKNegeri 3 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Objek kajian dalam penelitian ini adalah kalimat yang mengandung kesalahan morfologi berupa kesalahan afiksasi, reduplikasi dan komposisi dan pemilihan kata yang tepat pada kesalahan yang ditemukan dalam teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu, mendeskripsikan suatu keadaan alamiah secara mendalam dan terperinci mengenai kesalahan morfologi pada teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan. Untuk menemukan dan mengklasifikasi kalimat yang mengandung kesalahan morfologi digunakan teknik membaca dan mencatat. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument), yaitu sebagai instrumen kunci dengan bantuan instrumen pendukung yaitu tesesai. Bentuk kesalahan morfologi yang ditemukan pada teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan mencapai 263 kesalahan berupa 6 bentuk kesalahan morfologi. Bentuk-bentuk kesalahan tersebut berupa kesalahan afiksasi, kesalahan reduplikasi, kesalahan komposisi, penentuan bentuk dasar yang tidak tepat, kesalahan penulisan partikel, dan kesalahan penulisan preposisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 016 |
Keywords: | ANALISIS; MORFOLOGI;TEKS NEGOSIASI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:22 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28882 |