Sibarani, Surya Nanda (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DI SMK BM SINAR HUSNI T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141106 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM. 7133141106 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
3. NIM. 7133141106 PREFACE.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
4. NIM. 7133141106 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 7133141106 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 7133141106 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM. 7133141106 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. NIM. 7133141106 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM. 7133141106 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
13. NIM. 7133141106 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
14. NIM. 7133141106 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar yang rendah dan status ekonomi keluarga yang kebanyakan masih sederhana memberikan pengaruh terhadap siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi masih rendah dan juga dari diri siswa ada anggapan bahwa masuk ke perguruan tinggi susah dan harus ada kecerdasan dari diri siswa.Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM SinarHusni Medan Tahun pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK BM SinarHusni yang berjumlah 105 orang dan sampel sebanyak 83 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran sejauh mana motivasi belajar dan status ekonomi keluarga mampu memberi pengaruh terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi Hasil analisis yang diperoleh secara parsial motivasi belajar(X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan kePerguruan Tinggi yaitu 5.999> 1,990 (thitung>ttabel). Status ekonomi keluarga (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan kePerguruan Tinggi (Y) yaitu 2.571> 1,990 ( thitung>ttabel). Nilai Fhitung = 30.042 yang selanjutnya dibandingkan dengan Ftabel pada taraf signifikan 95% (α=0,05) dan dk = 83 – 3 yaitu 3.11. Nilai Fhitung>Ftabel (30.042> 3.11) dan nilai Sig α=0,05. Halini berarti bahwahi potesis ketiga diterima, yaitu “Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dan status ekonomi keluarga secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan pendidikan kePerguruan Tinggi,Perhitungan determinasi juga diperoleh nilai R Square sebesar 0.429 yang berarti42.9% minat melanjutkan pendidikan kePerguruan Tinggi pada siswa XII SMK SinarHusni T.P 2017/ 2018 secara bersama-sama dipengaruhi motivasi belajar dan status ekonomi keluarga, sedangkan 57.1% dipengaruhi variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara motivasi belajar dan status ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi di SMK BM Sinar Husni T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 001 |
Keywords: | MOTIVASI BELAJAR, STATUS EKONOMI KELUARGA , DAN MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:07 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28875 |