HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DEGAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI KABUPATEN DAIRI

Siburian, Hasoloan (2010) HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DEGAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI KABUPATEN DAIRI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 081188130023 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
081188130023 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of 081188130023 Abstrak.pdf]
Preview
Text
081188130023 Abstrak.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 081188130023 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
081188130023 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (644kB) | Preview
[thumbnail of 081188130023 Bab I.pdf]
Preview
Text
081188130023 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 081188130023 Bab V.pdf]
Preview
Text
081188130023 Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 081188130023 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
081188130023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat hubungan yang signifikan persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten Dairi ? (2) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan iklim organisasi dengan kinerja guru SMP Negeri Kabupaten Dairi? (3) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama dengan kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten Dairi?Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan positif yang signifikan antara : (1) persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, (2) iklim organisasi dengan kinerja guru dan (3) persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama dengan kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten Dairi.Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif studi korelasional. Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri Kabupaten Dairi yang berada di masing-masing unit kerja. Untuk menentukan sampel digunakan teknik Stratified Proportional Random Sampilng, dan berdasarkan teknik ini diperoleh jumlah sampel 86 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah skala Likert. Teknik analisis yang digunakan ialah teknik korelasi, regresi sederhana dan ganda.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kabupaten Dairi yang berjumlah 815 orang dan sampel penelitian sebanyak 86 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dengan ujicoba lebih dahulu.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi serta kinerja guru tergolong ke dalam kategori sedang.Terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, koefisien korelasi 0,652 . Terdapat hubungan positif yang signifikan antara iklim organisasi dengan kinerja guru, koefisien korelasi 0,665 . Terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama dengan kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Dairi dengan koefisien korelasi 0,826 . Pengujian dilakukan pada taraf signifikasi α = 0,05 , dk = 86. Ini berarti bahwa untuk meningkatkan kinerja guru dibutuhkan persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi yang baik.Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi, kepala sekolah, dan guru dalam hal peningkatan kinerja guru, serta peneliti lainnya untuk memperdalam informasi terhadap penelitian lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 068 Sib h
Keywords: Gaya kepemimpinan; Pendidikan; Ketrampilan; Iklim organisasi; Kepala sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 Jun 2016 06:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2887

Actions (login required)

View Item
View Item