Pratiwi, Desi (2017) PENGARUH MEDIA PHOTO STORY TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 2133111011 Cover.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2 Nim 2133111011 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
3 Nim 2133111011 Abstract.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4 Nim 2133111011 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5 Nim 2133111011 Table of Content.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6 Nim 2133111011 List of Table.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 Nim 2133111011 Appendices.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8 Nim 2133111011 Chapter I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
12 Nim 2133111011 Chapter V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13 Nim 2133111011 References.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Desi Pratiwi, NIM 2133111011, Pengaruh Media Photo Story Terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Teks Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia/ S1 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media photo story terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Penelitian ini mengujicobakan media photo story terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fantasi kemudian mengetahui perbedaan penggunaannya atau meninjau pengaruhnya melalui hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Pakam terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa 288 orang. Dari jumlah tersebut ditentukan sampel sebanyak 32 orang siswa. Teknik pengambilan sampel secara probabability secara random kelas yaitu teknik penarikan sampel dengan setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama menjadi sampel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan menceritakan kembali teks fantasi sebelum menggunakan media photo story pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2017/2018 dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 74,06. Kemampuan menceritakan kembali teks fantasi sesudah menggunakan media photo story pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2017/2018 dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 82,93. Selanjutnya hasil uji “t”diperoleh nilai to = 4,32. Dan setelah dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = (N+N - 2) = 62, karena to > ttabel yaitu 4,32 >1,66 maka ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa media photo story berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 005 |
Keywords: | Media; Photo Story; Teks; Fantasi; Kemampuan; Bercerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:06 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28867 |