PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BARUS T.P 2017/2018

Simangunsong, Sixson Roberto (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BARUS T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7133342046_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7133342046_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7133342046_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7133342046_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7133342046_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7133342046_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7133342046_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7133342046_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7133342046_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7133342046_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7133342046_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7133342046_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7133342046_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7133342046_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7133342046_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7133342046_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7133342046_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7133342046_BAB I.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7133342046_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7133342046_BAB V.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7133342046_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7133342046_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

Sixson Roberto Simangunsong NIM. 7133342046. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Accelerated Learning Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Barus Tahun Pembelajaran 2017/2018”. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2017. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Barus Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari strategi pembelaaran Accelerated Learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Barus Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Barus, yang beralamat di Jl. K.S Tubun No.2 Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 57 orang siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah test hasil belajar, test tersebut berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal, test ini diambil dari buku pelajaran siswa yang dianggap sudah valid, teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung rata-rata, standart deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata rata pre-test siswa kelas eksperimen = 54,20 dengan standar deviasi = 8,12 dan nilai rata rata post-test 85,60, dengan standart deviasi 7,81 sedangkan nilai rata rata pretes siswa kelas kontrol = 47,60 dengan standar deviasi = 10,62 dan nilai post-test = 79,00 dengan standar deviasi = 8,04. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dari hasil test yang dilakukan diperoleh thitung sebesar 2,974 dan ttabel sebesar 1,676, dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu (2,974 > 1,676) melalui kriteria pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) diterima dengan kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pembelajaran Accelerated Learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Barus Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 AKT 012
Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING, DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 26 Jan 2018 09:02
Last Modified: 18 Feb 2019 06:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28854

Actions (login required)

View Item
View Item