Pane, Nirwana (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK(LKPD) MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN HAYATI SESUAI KEBUTUHAN PENGALAMAN BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMA/MA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131141029 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4131141029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3.NIM. 4131141029 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4.NIM. 4131141029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 4131141029 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6.NIM. 4131141029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7.NIM. 4131141029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8.NIM. 4131141029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4131141029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
13. NIM. 4131141029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14.NIM. 4131141029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
15. NIM 4131141029 ENCLOUSURE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian LPKD pada materi pokok Keanekaragaman Hayati berbasis pendekatan ilmiah oleh ahli dan praktisi. Penelitian menggunakan desain pengembangan instruksional model 4-D, dibatasi hingga tahap develop. Prosedur pengembangannya dimulai dari tahap pertama pendefinisian yang meliputi analisis KI, KD dan indikator kompetensi, kondisi peserta didik. Tahap kedua perancangan, yang meliputi pengumpulan data berupa silabus, merumuskan tujuan khusus yang ingin dicapai, menyusun kerangka penyajian. Tahap ketiga adalah pengembangan meliputi validasi oleh ahli materi dan pendidikan, tanggapan guru biologi, dan tanggapan peserta didik pada uji kelompok kecil. Produk yang dihasilkan berupa lembar kegiatan peserta didik (LKPD) pada materi Keanekaragaman Hayati berbasis pendekatan ilmiah. Hasil penilaian oleh ahli materi menunjukkan rata-rata 80,20% kriteria sangat baik, dan ahli pendidikan 84,42% kriteria sangat baik. Hasil tanggapan peserta didik pada uji kelompok kecil mendappat hasil 92% kriteria sangat baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 014 |
Keywords: | pengembangan;lembar kegiatan peserta didik;pendekatan ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:02 |
Last Modified: | 26 Apr 2018 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28846 |