Naibaho, Lamria (2017) ANALISIS STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANGURURAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2133311049 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
02. NIM 2133311049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
03. NIM 2133311049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
04. NIM 2133311049 ACNOWLEDGMENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
05. NIM 2133311049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
06. NIM 2133311049 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
07. NIM 2133311049 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
08. NIM 2133311049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
12. NIM 2133311049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13. NIM 2133311049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Lamria Naibaho, NIM 2133311049. Analisis Struktur Dan Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pangururan Tahun Pembelajaran 2016/2017, Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia/S-1, Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Medan. Skripsi ini mengkaji tentangan alisis struktur dan ciri kebahasaan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pangururan tahun pembelajaran 2016/2017. Kajian ini dilator belakangi karena dalam pembelajaran kurikulum 2013 berbasi steks, berhubung pembelajaran K13 ini masih baru bagi siswa dan masih sulit untuk menulis/memproduksi teks sesuai dengan struktur dan ciri kebahasaan teks yang akan ditulis. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, (1) bagaimana struktur teks deskripsi pada tulisan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pangururan tahun pembelajaran 2016/2017 (2) bagaimanakan ciri kebahasaan teks deskripsi pada tulisan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panguruan tahun pembelajaran 2016/2017. Pembahasan tersebut diteliti di SMP Negeri 1 Pangururan. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu kelas VII-1 dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan adalah peneliti sendiri, lembar soal dan table pedoman penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil memproduksi teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pangururan tahun pembelajaran 2016/2017 dengan nilai rata-rata 85,41 berada pada kategori baik. Dengan presentase kemampuan sebanyak 29 (80,55%) siswa berada pada rentang skor 86-100 termaksud dalam kategori baik sekali, sebanyak 0 (0%) siswa berada pada rentang skor 76-85 termaksud dalam kategori baik, sebanyak 7 (19,44%) berada pada rentang 56-75 termasuk dalam kategori cukup. Sebanyak 0 (0%) berada pada rentang skor 10-55 termasuk dalam kategori kurang. Dari hasil kemampuan siswa dalam perhitungan di atas, jelas terlihat kemampuan siswa memproduksi teks deskripsi siswa dikatakan baik, karena nilai rata-rata berada pada kategori baik. Dengan demikian hasil dari penelitian ini menemukan bahwa dari hasil memproduksi teks deskripsi siswa tersebut sudah berada dalam kategori baik. Melalui penelitian ini diharapkan semua guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Pangururan dapat meningkatkan pembelajaran secara umum ciri kebahasaan teks dan secara khusus cirri kebahasaan teks deskripsi kepada siswanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 008 |
Keywords: | Struktur, Ciri Kebahasaan, Dan Teks Deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:39 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28839 |