Azwar (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN GEDUNG BERTINGKAT DI KELAS XI SMK NEGERI 2 KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5112131003 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2. NIM. 5112131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
3. NIM. 5112131003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM. 5112131003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5. NIM. 5112131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 5112131003 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM. 5112131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 5112131003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 5112131003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
13. NIM. 5112131003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. NIM. 5112131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Azwar. 5112131003 Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Instalasi Penerangan Gedung Bertingkat di Kelas XI SMK Negeri 2 Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang T.P. 2017/2018. Skripsi. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan 2017.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok instalasi penerangan gedung bertingkat di kelas XI Program Keahlian Teknik Listrik SMK Negeri 2 Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang T.P. 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimental dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Listrik sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen diajarkan model pembelajaran group investigation dan kelas kontrol diajarkan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar sebanyak 25 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji-t (Independet Sampel T-Test) dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah diajarkan dengan model pembelajaran group investigation pada kompetensi atau materi pokok instalasi penerangan gedung bertingkat diperoleh rata-rata nilai postes sebesar 84,67; (2) hasil belajar siswa kontrol setelah diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori pada kompetensi atau materi pokok instalasi penerangan gedung bertingkat diperoleh rata-rata nilai postes sebesar 79,47; dan (3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi atau materi pokok instalasi penerangan gedung bertingkat di kelas XI Program Keahlian Teknik Listrik SMK Negeri 2 Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang T.P. 2017/2018 yang dibuktikan dari nilai thitung > ttabel yaitu 2,893 > 2,00 serta nilai probabilitas atau sig. Sebesar 0,005 < 0,05. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran group investigation (84,67) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran eskpositori (79,47).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 005 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH7700 Illumination. Lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:39 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28831 |