Sinaga, Delis Hotmatua (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA SMA HKBP GIRSANG SIPANGANBOLON TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6133311030 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 6133311030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
3. NIM 6133311030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM 6133311030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM 6133311030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM 6133311030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 6133311030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 6133311030 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 6133311030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
13. NIM 6133311030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 6133311030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Delis Hotmatua Sinaga, Nim 6133311030 "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Permainan Sepakbola Melalui Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas X SMA HKBP Girsang Sipanganbolon Tahun Ajaran 2017/2018". Pembimbing : Suryadi Damanik Skripsi : Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED 2017 Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar melalui gaya mengajar inklusi pada siswa kelas X SMA HKBP Girsang Sipanganbolon Tahun Ajaran 2017/2018. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA HKBP Girsang Sipanganbolon Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan pada bulan November tahun 2017 dengan jumlah siswa 24 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I (siklus I) dan tes hasil belajar II (siklus II) yang berbentuk latihan dribbling sepakbola. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: Pembelajaran dilakukan melalui gaya mengajar inklusi (1) Dari tes hasil belajar melalui gaya mengajar inklusi di siklus I diperoleh 10 siswa (41,6%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (58,4%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar 69,44. Karena belum tercapai ketuntasan klasikal maka dilakukan kembali pembelajaran melalui gaya mengajar inklusi (2) dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 20 siswa (83,3%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (16,7%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar 78,12. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan jumlah kenaikan 8,68. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa pembelajaran melalui gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar dribbling sepakbola pada siswa kelas X SMA HKBP Girsang Sipanganbolon tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 023 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:39 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28829 |