UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA SMA HKBP GIRSANG SIPANGANBOLON TAHUN AJARAN 2017/2018

Sinaga, Delis Hotmatua (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA SMA HKBP GIRSANG SIPANGANBOLON TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  6133311030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 6133311030 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM  6133311030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 6133311030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  6133311030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 6133311030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  6133311030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 6133311030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  6133311030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 6133311030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  6133311030 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 6133311030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM  6133311030 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 6133311030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM  6133311030 TABLES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 6133311030 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM  6133311030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 6133311030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM  6133311030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 6133311030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  6133311030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 6133311030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Delis Hotmatua Sinaga, Nim 6133311030 "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Permainan Sepakbola Melalui Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas X SMA HKBP Girsang Sipanganbolon Tahun Ajaran 2017/2018". Pembimbing : Suryadi Damanik Skripsi : Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED 2017 Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar melalui gaya mengajar inklusi pada siswa kelas X SMA HKBP Girsang Sipanganbolon Tahun Ajaran 2017/2018. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA HKBP Girsang Sipanganbolon Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan pada bulan November tahun 2017 dengan jumlah siswa 24 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I (siklus I) dan tes hasil belajar II (siklus II) yang berbentuk latihan dribbling sepakbola. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: Pembelajaran dilakukan melalui gaya mengajar inklusi (1) Dari tes hasil belajar melalui gaya mengajar inklusi di siklus I diperoleh 10 siswa (41,6%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (58,4%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar 69,44. Karena belum tercapai ketuntasan klasikal maka dilakukan kembali pembelajaran melalui gaya mengajar inklusi (2) dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 20 siswa (83,3%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (16,7%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar 78,12. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan jumlah kenaikan 8,68. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa pembelajaran melalui gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar dribbling sepakbola pada siswa kelas X SMA HKBP Girsang Sipanganbolon tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PJKR 023
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:39
Last Modified: 18 Feb 2019 05:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28829

Actions (login required)

View Item
View Item