Pranata, Egi (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI IPS YAYASAN PENDIDIKAN NASIONAL SMA PENCAWAN MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6133311050 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 6133311050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM. 6133311050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 6133311050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. NIM. 6133311050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM. 6133311050 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 6133311050 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 6133311050 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM. 6133311050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
13. NIM. 6133311050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM. 6133311050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
EGI PRANATA, NIM 6133311050 "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Dalam Permainan Bola Basket Melalui Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI IPS Yayasan Pendidikan Nasional SMA Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018".( Pembimbing : IWAN SAPUTRA) Skripsi: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED 2018 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling dalam permainan bola basket melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas XI IPS Yayasan Pendidikan Nasional SMA Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas XI yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses dribbling bola basket. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar siklus I yang diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 24 orang siswa terdapat 13 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 54,16% dan terdapat 11 orang belum tuntas yaitu sebesar 45,84%. Nilai rata-rata kelas pada siklus ini yaitu 71,52. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa, dari 24 orang siswa terdapat 21 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 87,50% dan terdapat 3 orang siswa belum tuntas yaitu sebesar 12,50%. Nilai rata-rata kelas pada siklus ini yaitu 80,20. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dribbling dalam permainan bola basket pada siswa kelas XI IPS Yayasan Pendidikan Nasional SMA Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 025 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:38 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28824 |