Yani, Ida (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK SWASTA ISTIQLAL DELITUA T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131141045 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 713141045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
3. NIM 7131141045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
4. NIM 7131141045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
5. NIM 7131141045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 7131141045 TABLE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 7131141045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 7131141045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM 7131141045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
13. NIM 7131141045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
14. NIM 7131141045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Ida Yani ( NIM 7131141045 ) “Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Dan Model Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMK Swasta Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2017/2018”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Medan. 2017. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kearsipan siswa kelas X SMK Swasta Istiqlal Delitua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Dan Model Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMK Swasta Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2017/2018”. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Istiqlal Delitua, yang beralamat di jln. Stasiun No. 1 A Desa Suka Makmur Delitua Kecamatan Delitua, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Otomatisasi Komputer dan Perkantoran (OTKP) yang terdiri dari 2 kelas jumlah 72 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah total sampling sebagai kelas eksperimen 1 kelas X OTKP1 dan ekperimen 2 kelas X OTKP2. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Test dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (pretest) dan di akhir (posttest) penelitian. Sebelum test diberikan kepada sampel penelitian, maka test di uji coba terlebih dahulu sebanyak 20 soal. Hal ini dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas X OTKP 1 36,11 dengan Standar Deviasi 14,447 dan nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction = 78,19 dengan standar deviasi 11,841. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas X OTKP 2 41,66 dengan Standar Deviasi 13,255 dan nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan model Example non Example = 68,58 dengan standar deviasi 13,275. Dari analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung< Ltabel) dan homogen Fhitung < Ftabel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (3,263 > 1,668), yang berarti hipotesis diterima pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05 dengan dk = n+n -2 = 70. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Explicit Instruction lebih tinggi dibandingkan Hasil Belajar Siswa yang diajarkan dengan Model Example non Example Pada mata pelajaran Kearsipan di kelas X OTKP SMK Swasta Istiqlal Delitua T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 009 |
Keywords: | Model Pembelajaran Explicit Instruction, Model Pembelajaran Example non Example, Hasil Belajar Kearsipan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:24 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28794 |