Situmorang, Tri Marta (2017) PENEREPAN STRATEGI GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131111025 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 5131111025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5131111025 OFFERING SHEET.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 5131111025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. NIM. 5131111025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
6. NIM. 5131111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7. NIM. 5131111025 TABLES.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
8. NIM. 5131111025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
9. NIM. 5131111025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
10. NIM. 5131111025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
14. NIM. 5131111025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
15. NIM. 5131111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Tri Marta Situmorang. NIM 5131111025. Penerapan Strategi Genius Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mekanika Teknik Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Dan Properti Di SMK Negeri 2 Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Teknik-Uniersitas Negeri Medan. 2017 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bertujuan untuk menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Mekanika Teknik pada kompetensi dasar 3.4 dan 4.4 yaitu: Menerapkan cara menyusun gaya dalam struktur bangunan dan Membuat susunan dan perhitungan gaya dalam struktur bangunan di kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2 Binjai yang berjumlah 32 orang siswa. Prosedur tindakan dikemas kedalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Data penelitian diambil dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil uji coba instrumen penelitian dari 30 soal pada siklus I terdapat 23 soal valid, uji tingkat kesukaran tes terdapat 4 soal mudah dan 19 soal sedang, uji daya pembeda tes terdapat 1 soal jelek, 6 soal cukup, 6 soal baik, dan 10 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,934 (sangat tinggi). Pada siklus II dari 30 soal terdapat 19 soal valid, uji tingkat kesukaran tes terdapat 5 soal sukar dan 14 soal sedang, uji daya pembeda tes terdapat 1 soal jelek, 10 soal cukup, dan 8 soal baik uji, reliabilitas tes didapat 0,488 (cukup). Data awal (pre-test) nilai rata-rata 45 dengan persentase kelulusan belajar secara klasikal 9,38%. Hasil penelitian menunjukkan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 78 meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83. Selanjutnya perolehan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 76 dengan persentase kelulusan 81,25% meningkat pada siklus II menjadi 88 dengan persentase lulus 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi Genius Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2 Binjai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 005 |
Keywords: | STRATEGI GENIUS LEARNING, AKTIVITAS SISWA, DAN HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:21 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28762 |