Silitonga, Ade Christian (2018) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA N 2 TARUTUNG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131141001 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 7131141001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
3. NIM. 7131141001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 7131141001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 7131141001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
6. NIM. 7131141001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 7131141001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7131141001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7131141001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
13. NIM. 7131141001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 7131141001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Ade Christian Silitonga.7131141001. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Cara Belajar Siswa Terhadap Prestasi Siswa Pada Matapelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA N 2 Tarutung Tahun Ajaran 2017/2018.Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan 2017. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Kompetensi pedagogik guru dan Cara belajar siswa yang rendah menyebabkan prestasi belajar siswa tidak tercapai dengan prestasi yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi pedagogik guru dan Cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi Kelas XI IPS SMA N 2 Tarutung Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS SMA N 2 Tarutung yang berjumlah 108 siswa kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling sebanyak 86 siswa. Metode pengumpulan data adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda,koefisien determinasi (R2), uji “t” secara parsial dan uji “F” secara simultan. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung > ttabel = 6,701 >1,988, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung > ttabel (4,783>1,988), (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kompetensi pedagogik guru dan Cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai Fhitung = 66,691>3,11 dengan signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan df = n-2. Hasil regresi linear berganda Y = 45,150+ 0,300 X1 + 0,159 X2. Hasil uji R2, sebesar 0,616 atau 61,6%, sedangkan sisanya sebesar 38,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model yang diteliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kompetensi pedagogik guru dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA N 2 Tarutung Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 005 |
Keywords: | KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, CARA BELAJAR SISWA, PRESTASI SISWA |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:21 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28760 |