Padang, Derlina (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFER KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 1 TINADA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3132131007 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 3132131007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
3. NIM. 3132131007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 3132131007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM. 3132131007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 3132131007 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 3132131007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3132131007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 3132131007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13. NIM. 3132131007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
15. NIM. 3132131007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
DERLINA PADANG. 3132121007 Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Biosfer Kelas XI IPS-1 Di Sma Negeri 1 Tinada Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa dengan enggunakan media animasi pada pokok bahasan biosfer di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinada. (2) hasil belajar siswa dengan tidak menggunakan media animasi (manual) pada pokok bahasan biosfer di kelas XI SMA Negeri 1 Tinada. (3) Seberapa besarkah pengaruh media animasi pada materi pokok biosfer dikelas kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinada Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan jumlah siswa 44 orang tiap kelas yang diambil secara purposive sampling. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung, tes pilihan berganda kemudian dianalisis dengan statistik uji t pada taraf signifikan α=0,05. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa menggunakan media animasi dengan nilai rata-rata 77,63, siswa yang mencapai KKM ada 81,81% (2) Hasil belajar siswa kelas tidak menggunakan media animasi (manual) dengan nilai rata-rata 70,5, siswa yang mencapai KKM 63,63%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan media animasi dengan tidak menggunakan media animasi hal ini ditunjukkan pada uji hipotesis secara statistik dengan hitung t =2,95 dan tabel t =2,042 dengan dk =22+22– 2= 42 dengan 0,05, karena hitung t tabel t maka Ho diterima, dengan demikian media animasi efektif dalam pembelajaran geografi kelas XI pokok bahasan biosfer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 009 |
Keywords: | PENGARUH MEDIA ANIMASI, HASIL BELAJAR |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:20 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28754 |