SINAMO, WADMA FIRMA (2018) PENGARUH SARANA PENDIDIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TINADA KECAMATAN TINADA KABUPATEN PAKPAK BHARAT T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133331023 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 3133331023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
3. NIM. 3133331023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 3133331023 AUTHENTIC LETTERS.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 3133331023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
6. NIM. 3133331023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 3133331023 TABLES.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
8. NIM. 3133331023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 3133331023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
10. NIM. 3133331023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
14. NIM. 3133331023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
16. NIM. 3133331023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Wadma Firma Sinamo. 3133331023Pengaruh Sarana Pendidikan Terhadap Prestasi Belajar Geografi Kelas XI IPS SMA Negerii 1 Tinada T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui bagaimana ketersediaan sarana pendidikan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinada Kecamatan Tinada Kabupaten Pakpak Bharat T.P 2017/2018. (2) Untuk mengetahui bagaimana prestasi pembelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 tinada T.P 2017/2018.(3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ketersediaan sarana pendidikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geograafi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinada Kecamatan Tinada Kabupaten Pakpak Bharat T. P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan jumlah siswa 44 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung, tes uji angket 26 butir soal kemudian dianalisis dengan statistik uji t pada taraf signifikan α=0,05.Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa:(1) Ketersediaan sarana pendidikan belum lengkap. Maka disimpulkan bahwa sarana pendidikan SMA Negeri 1 Tinada belum mencapai standar minimum Permendiknas. (2) Sarana pendidikan kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tinada T.P 2017/2018 termasuk kedalam kategori sedang dengan persentase 52,27%. Prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinada T.P 2017/2018 termasuk kedalam kategori sedang dengan persentase 70,45%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh sarana pendidikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Tinada. Memiliki nilai rhitung diatas nilai rtabel yaitu 4,73> 2,02 dengan taraf signifikan 0,05. Koefesien korelasi yang diperoleh sebesar 4,73 (r2 =0,23.), harga ini memberi arti bahwa sarana pendidikan memberi sumbangan sebesar 23%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 010 |
Keywords: | PENGARUH SARANA PENDIDIKAN, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:20 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28752 |