PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN MEDAN

SINAGA, CANDRA ZULHAM (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. 5133131007 COVER.pdf]
Preview
Text
01. 5133131007 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 02. 5133131007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. 5133131007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[thumbnail of 03. 5133131007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. 5133131007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 04. 5133131007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. 5133131007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 05. 5133131007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. 5133131007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 06. 5133131007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
06. 5133131007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 07. 5133131007 TABLES.pdf]
Preview
Text
07. 5133131007 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 08. 5133131007 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
08. 5133131007 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 09. 5133131007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. 5133131007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of 13. 5133131007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 5133131007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 14. 5133131007 BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 5133131007 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Sinaga, Candra Zulham. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Dan Pengukuran Listrik Kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018”, Skripsi, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs pada siswa kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ada disekolah, dimana motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik masih rendah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen, dimana dalam
pelaksanaannya melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas eksperimen dilakukan perlakuan eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs, sedangkan pada kelas kontrol, siswa dibiarkan belajar dengan model konvensional. Kedua kelompok dalam penelitian ini merupakan kelompok yang homogen dimana tidak ada perbedaan secara khusus. Penentuan kelas dilakukan teknik purposive sampling, kelas eksperimen adalah kelas X TJTL 1 dengan jumlah siswa 27 orang dan kelas kontrol adalah kelas X TIPTL 1 dengan jumlah siswa 28 orang. Dari data yang diperoleh, motivasi belajar dari hasil angket pretest rata-rata skor motivasi belajar siswa adalah 62.67, setelah dilakukan perlakuan pada posttest terjadi peningkatan motivasi belajar menjadi 66.92. Hasil uji t sampel independen rata-rata nilai posttest pada taraf kepercayaan 95%, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan thitung 3.82 lebih besar dari tabel 1.674. Dari data yang diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 88.03 dengan kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata posttest sebesar 56,89 dengan kategori cukup. Hasil uji t sampel independen ratarata nilai posttest pada taraf kepercayaan 95%, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan thitung 31.14 lebih besar dari ttabel 1.674. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 ELK 009
Keywords: MOTIVASI BELAJAR; HASIL BELAJAR; MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PRACTICE REHEARSAL PAIRS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:17
Last Modified: 18 Feb 2019 05:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28749

Actions (login required)

View Item
View Item