Simatupang, Jujur Monasari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM, IMPULS DAN TUMBUKAN KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA N 1 PANCURBATU TP 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131121022 COVER.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
2. NIM. 4131121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3. NIM 4131121022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM 4131121022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
5. NIM 4131121022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
6. NIM 4131121022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM 4131121022 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM 4131121022 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM 4131121022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
13. NIM 4131121022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM 4131121022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum, impuls dan tumbukan. Jenis penelitian ini adalah quasi experimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas X MIA 5 dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan kelas X MIA 4 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah esai tes sebanyak 5 soal yang telah dilakukan uji persyaratan tes. Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 41,35 dan 41,25. Kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang sama. Selanjutanya nilai rata-rata postes kelas eksperimen 71,48 dan kelas kontrol 54,16. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian uji hipotesis membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum, impuls dan tumbukan di kelas X semester II SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 007 |
Keywords: | DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:15 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28728 |