Munir (2018) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP GURU BIMBINGAN KONSELING SMA NEGERI DI KOTA LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. Nim. 8146132051 Cover.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. Nim. 8146132051 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. Nim. 8146132051 Abstrak.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. Nim. 8146132051 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. Nim. 8146132051 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. Nim. 8146132051 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. Nim. 8146132051 Dafta Gambar.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. Nim. 8146132051 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. Nim. 8146132051 BAB I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
13. Nim. 8146132051 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. Nim. 8146132051 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut supervisi akademik, dan kendala yang dialami oleh pengawas dan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik terhadap guru bimbingan konseling SMA Negeri di Kota Langsa. Subjek penelitian terdiri dari 1 orang korwas, 1 orang pengawas, 5 orang kepala sekolah, dan 5 orang guru bimbingan konseling, menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriftif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawan cara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang terlaksananya implementasi supervisi akademik terhadap guru bimbingan konseling SMA Negeri di Kota Langsa, hal ini dapat dilihat dari supervsi yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah memiliki kekurang sebagai berikut: (1) Perencanaan belum memiliki kelengkapan dokumentasi seperti daftar sekolah, daftar guru binaan, jadwal kegiatan supervisi. (2) Pelaksanaanbelum memiliki kelengkap dokumentasi meliputiinstrumen supervisidanlaporan supervisi. (3) Tindak lanjut supervisi belum memiliki catatan perkembangan guru. (4) Kendala-kendala yang terjadi, pengawas belum mengikuti pelatihan, guru tidak berada disekolah pada saat supervisi, pelaksanaan supervisi tidak sesuai dengan jadwal, pihak dinas pendidikan kurang memperhatikan peningkatan kopetensi pengawas, dan kurangnya jumlah guru bimbingan konseling tingkat SMA di Kota Langsa. Selanjutnya,supervis akademik oleh kepala sekolah sekolah juga memiliki kekurangan meliputi: (1) Perencanaan tidak dilengkapi dengan dokumen daftar guru binaan, daftar kegiatan dan jadwalsupervisi. (2) Pelaksanaan tidak memiliki kelengkap dokumen perencanaan, teknik/metode, instrumen supervsi, dan laporan supervisi. (3) Tindak lanjut belum dilaksanakan oleh kepala sekolah. (4) Kendala-kendala yang terjadi yaitu kompetensi kepala sekolah, belum mendapatkan pelatihan, jadwal supervise dan tidak mendapatkan respon dari pihak dinas pendidikan Kota Langsa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Mun i |
Keywords: | Supervisi Akademik, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Bimbingan Konseling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:15 |
Last Modified: | 20 Feb 2019 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28725 |