Ginting, Erwin (2010) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SMA PGRI 20 SIBORONG-BORONG KABUPATEN TAPANULI UTARA. Masters thesis, UNIMED.
065020404 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
065020404 abstrak.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
065020404 bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
065020404 bab V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: I) Untuk mengetahui pengaruh yang berbeda antara strategi Peta Konsep pembelajaran dan strategi pembelajaran konvensional, 2) Untuk menemukan perbedaan keluar strategi pembelajaran biologi datang antara siswa dengan kemampuan berpikir tinggi dan rendah logis, dan 3) Untuk menemukan interaksi antara strategi pembelajaran dan pemikiran logis untuk menangkal prestasi belajar biologi,Populasi dalam penelitian ini adalah 120 siswa kelas XI SMA PGRI 20 Siborong-borong yang terdiri dari 3 kelas. Sampling diterapkan adalah teknik Cluster Random Sampling dengan XI IPA kelas I siswa diajarkan dengan strategi Peta Konsep Instruksional dan kelas XI IPA 3 siswa diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional. Penggunaan instrumen untuk mengukur prestasi belajar adalah tes pilihan ganda dari 35 item dengan pilihan lima jawaban. Untuk surfing siswa dengan kemampuan berpikir tinggi dan rendah logis Piaget telah dimodifikasi oleh Universitas Malang, r = 0,86. Para Liliefors penggunaan Normalitas dan uji Homogenitas adalah Uji Bartlett. Teknik analisis data adalah analisis varians (ANAVA) dengan dua arah pada tingkat signifikansi a - 0,05 dilanjutkan dengan uji Schefee.Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa siswa diajarkan dengan strategi Peta Konsep memiliki pendidikan tinggi keluar datang dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan strategi konvensional. Hal ini didukung oleh F. hitung = 201,57> F. Table - 3,968 pada tingkat signifikansi a = 0,05. Siswa dengan kemampuan berpikir logis tinggi pembelajaran keluar datang lebih tinggi dari siswa dengan analisis berpikir logis rendah. Hal ini didukung oleh F. hitung 5,20> F. table - 3,968 tingkat signifikansi a = 0,05 dengan tingkat akurasi = 0,76 dan interaksi adalah antara strategi pembelajaran dan siswa kemampuan berpikir logis untuk biologi berperang belajar keluar datang ini ditunjukkan oleh F . hitung = 16,69> F. table - 3,968 pada tingkat signifikansi a = 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Gin p |
Keywords: | Berfikir Logis; Hasil Belajar; Siswa; Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2872 |