Simatupang, Thesa Irene Sari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER GENAP PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 1 RAYA KAHEAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133121054 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 4133121054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
3. NIM. 413121054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 4123121009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. NIM. 4133121054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 4133121054 TABLES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
3. NIM. 413121054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4133121054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM. 4133121054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
9. NIM. 4133121054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM. 4133121054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
14. NIM. 4133121054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantu peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas X semester genap pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Raya Kahean T.P 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Raya Kahean yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA-4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training berbantu peta konsep dan kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk
pilihan berganda yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran inquiry training. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 24,97 dengan standar deviasi 11,03 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 22,23 dengan standar deviasi 10,12. Setelah dilakukan perlakua pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 74,39 dengan standar deviasi 10,65 dan rata-rata postes kelas kontrol sebesar 66,19 dengan standar deviasi 8,81. Hasil observasi siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training adalah 73% tergolong kategori aktif. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,50 sedangkan ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel (3,50 > 1,67) maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantu peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas X semester genap pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Raya Kahean T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 012 |
Keywords: | model pembelajaran, inquiry training, peta konsep, aktivitas, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:13 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28701 |