PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER GENAP PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 1 RAYA KAHEAN T.P 2016/2017

Simatupang, Thesa Irene Sari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER GENAP PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 1 RAYA KAHEAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133121054 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133121054 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133121054 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133121054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 413121054 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 413121054 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123121009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123121009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133121054 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133121054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133121054 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133121054 TABLES.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 413121054 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 413121054 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133121054 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133121054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133121054 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133121054 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133121054 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133121054 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133121054 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133121054 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133121054 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133121054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantu peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas X semester genap pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Raya Kahean T.P 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Raya Kahean yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA-4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training berbantu peta konsep dan kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk
pilihan berganda yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran inquiry training. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 24,97 dengan standar deviasi 11,03 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 22,23 dengan standar deviasi 10,12. Setelah dilakukan perlakua pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 74,39 dengan standar deviasi 10,65 dan rata-rata postes kelas kontrol sebesar 66,19 dengan standar deviasi 8,81. Hasil observasi siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training adalah 73% tergolong kategori aktif. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,50 sedangkan ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel (3,50 > 1,67) maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantu peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas X semester genap pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Raya Kahean T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 012
Keywords: model pembelajaran, inquiry training, peta konsep, aktivitas, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:13
Last Modified: 18 Feb 2019 04:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28701

Actions (login required)

View Item
View Item