Anto, Dedy (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF DAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA PENGAJARAN SENYAWA AMINA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122131005 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM 4122131005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. NIM 4122131005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM 4122131005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM 4122131005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
6. NIM 4122131005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NIM 4122131005 TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM 4122131005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 4122131005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
13. NIM 4122131005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4122131005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Pengembangan bahan ajar inovatif dan interaktif berbasis web untuk pengajaran senyawa amina di universitas dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar inovatif dan interaktif dalam sistem web pada pengajaran senyawa amina agar dapat dipergunakan sebagai sumber belajar pada pengajaran Kimia Organik yang sesuai standar BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) dan layak digunakan dalam membantu mahasiswa untuk belajar pada pengajaran senyawa amina. Penelitian ini dimulai dengan analisis sampel buku teks kimia, kemudian hasil analisisnya digunakan sebagai salah satu sumber untuk mengembangkan bahan ajar yang didesain dengan cara inovatif dan interaktif yang berbasis web pada pengajaran senyawa amina ditambah dengan sumber-sumber lainnya. Selanjutnya bahan ajar tersebut didesain dalam sistem website dengan alamat https://senyawaamina-dedyunimed.blogspot.co.id/ Setelah itu, distandarisasi oleh 3 dosen kimia organik di UNIMED dengan tingkat pendidikan minimal S-2 untuk mengetahui standarnya dan distandarisasi oleh 15 orang mahasiswa UNIMED yang telah mempelajari kimia organik pada pengajaran senyawa amina untuk mengetahui kelayakannya, dimana kedua standarisasi baik sampel dosen dan sampel mahasiswa menggunakan angket standar penilaian bahan ajar berdasarkan BSNP yang sudah disesuaikan dengan bahan ajar yang dikembangkan mendapat angka rata-rata 3.24. Hasil pada penilainan kompone-kompenen inovatif (Media dan Metode) mendapat angka rata-rata 3,35 dan hasil penilaian terhadap desain web mendapat angka rata-rata 3,46. Berdasarkan penilaian, nilai bahan ajar pada 3,26-4,00, tepatnya pada 3,34 yang berarti bahan ajar valid, tidak perlu revisi dan layak digunakan. Dengan melihat hasil standarisasi bahan ajar, maka bahan ajar inovatif dan interaktif untuk pengajaran senyawa amina yang berbentuk electronic book (e-book) dan berbasis website ini layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan baik dosen maupun mahasiswa di universitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 014 |
Keywords: | Pengembangan,Bahan ajar,Inovatif,Interaktif,Web,Pengajaran Senyawa Amina |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:13 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28693 |