MARINI (2018) PERBEDAAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK SMP NEGERI 2 HINAI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4132111019 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM. 4132111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
3. NIM.4132111019 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM.4132111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM.4132111019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. NIM.4132111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7. NIM.4132111019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. NIM.4132111019 TABLES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. NIM.41132111019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
10. NIM.4132111019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (978kB) | Preview
14. NIM.4132111019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
15. NIM.4132111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, dan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Hinai T.A 2016/2017.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan populasi seluruh kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Hinai Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 239 orang, sebagai sampel diambil dua kelas secara acak yaitu eksperimen 1 berjumlah 36 orang dan eksperimen 2 berjumlah 36 orang. Kelas eksperimen 1 diberikan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran koperatif tipe Talking Stick. Penelitian ini menggunakan jenis instrument yaitu post-test yang telah divalidasi dalam bentuk uraian.
Hasil penelitian yang diberi perlakuan berbeda, menunjukkan bahwa rata-rata nilai komunikasi matematis (post-test) siswa kelas eksperimen 1 sebesar 70.56 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 adalah 61,16. Dari perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji t pihak kanan diperoleh nilai dan sehingga . Selanjutnya, dapat disimpulkan bahwa bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi daripada model pmbelajaran kooperatif tipe Talking Stick di SMP Negeri 2 Hinai Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 024 |
Keywords: | KOMUNIKASI MATEMATIS, THINK PAIR SHARE(TPS), TALKING STICK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:12 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28681 |