Sari, Maulida (2017) EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DAN METODE LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI NO.018483 SEI. APUNG JAYA KECAMATAN TANJUNGBALAI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311041_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1133311041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3. NIM. 1133311041_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 1133311041_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1133311041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM. 1133311041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 1133311041_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1133311041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1133311041_BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
13. NIM. 1133311041_BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 1133311041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
MAULIDA SARI, NIM 1133311041. “Efektifitas Metode Pembelajaran Team Quiz Dan Metode Latihan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri No. 018483 Sei Apung Jaya Kec. Tanjung Balai Tahun Ajaran 2017/2018”. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan Tahun 2018.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV materi mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran team quiz dan metode latihan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan menggunakan metode team quiz
dan metode latihan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 018483 Sei Apung Jaya Kec. Tanjung Balai. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dengan mengambil ke 2 kelas populasi yaitu kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-A sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing
berjumlah 30 orang. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah test objektif dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Berdasarkan analisis data ditemukan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata –rata pre test 41,6667, sedangkan nilai pada kelas kontrol diperoleh rata –rata 39. Hasil belajar pada kelas eksperiman memperoleh nilai tertinggi post-test sebesar 95 dan nilai terendah 70 dengan rata-rata 78,5. Dalam hal ini terjadi peningkatan hasil sebesar 69%. Kelas kontrol yang memperoleh nilai tertinggi post-test sebesar 85 dan nilai terendah 50 dengan rata-rata 67,5. Dari hasil tersebut diperoleh peningkatan hasil sebanyak 58%. Untuk uji reliabilitas diperoleh rhitung 0,9121414 dan rtabel = 0,361 dengan n = 30 pada taraf signifikan 95% dinyatakan bahwa soal yang disajikan reliabel. Hasil perhitungan uji normalitas data pre-test dan post test kelas kontrol diperoleh nilai Lhitung 0,036962 dan 0,035868 dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh 0,16, untuk hasil perhitungan uji normalitas kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung -0,0052041 dan -0,005188 dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh 0,161, dapat disimpulkan bahwa seluruh kelas eksperimen I maupun kelas kontrol untuk nilai pretest berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas data pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung 1,097 dan dari data post test eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung 1,763, dengan demikian sampel berasal dari populasi yang homogen. Dengan demikian hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan perolehan thitung > ttabel yaitu 4,594 >1,661. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA yang menggunakan metode Team Quiz lebih tinggi dibandingkan dengan metode latihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 004 |
Keywords: | Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Team Quiz, Metode Latihan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:11 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28665 |