EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DAN METODE LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI NO.018483 SEI. APUNG JAYA KECAMATAN TANJUNGBALAI T.A 2017/2018

Sari, Maulida (2017) EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DAN METODE LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI NO.018483 SEI. APUNG JAYA KECAMATAN TANJUNGBALAI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133311041_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133311041_COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133311041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133311041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133311041_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133311041_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133311041_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133311041_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133311041_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133311041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133311041_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133311041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133311041_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133311041_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133311041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133311041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1133311041_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1133311041_BAB I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133311041_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133311041_BAB V.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1133311041_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1133311041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

MAULIDA SARI, NIM 1133311041. “Efektifitas Metode Pembelajaran Team Quiz Dan Metode Latihan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri No. 018483 Sei Apung Jaya Kec. Tanjung Balai Tahun Ajaran 2017/2018”. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan Tahun 2018.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV materi mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran team quiz dan metode latihan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan menggunakan metode team quiz
dan metode latihan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 018483 Sei Apung Jaya Kec. Tanjung Balai. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dengan mengambil ke 2 kelas populasi yaitu kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-A sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing
berjumlah 30 orang. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah test objektif dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Berdasarkan analisis data ditemukan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata –rata pre test 41,6667, sedangkan nilai pada kelas kontrol diperoleh rata –rata 39. Hasil belajar pada kelas eksperiman memperoleh nilai tertinggi post-test sebesar 95 dan nilai terendah 70 dengan rata-rata 78,5. Dalam hal ini terjadi peningkatan hasil sebesar 69%. Kelas kontrol yang memperoleh nilai tertinggi post-test sebesar 85 dan nilai terendah 50 dengan rata-rata 67,5. Dari hasil tersebut diperoleh peningkatan hasil sebanyak 58%. Untuk uji reliabilitas diperoleh rhitung 0,9121414 dan rtabel = 0,361 dengan n = 30 pada taraf signifikan 95% dinyatakan bahwa soal yang disajikan reliabel. Hasil perhitungan uji normalitas data pre-test dan post test kelas kontrol diperoleh nilai Lhitung 0,036962 dan 0,035868 dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh 0,16, untuk hasil perhitungan uji normalitas kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung -0,0052041 dan -0,005188 dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh 0,161, dapat disimpulkan bahwa seluruh kelas eksperimen I maupun kelas kontrol untuk nilai pretest berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas data pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung 1,097 dan dari data post test eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung 1,763, dengan demikian sampel berasal dari populasi yang homogen. Dengan demikian hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan perolehan thitung > ttabel yaitu 4,594 >1,661. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA yang menggunakan metode Team Quiz lebih tinggi dibandingkan dengan metode latihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 004
Keywords: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Team Quiz, Metode Latihan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:11
Last Modified: 18 Feb 2019 04:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28665

Actions (login required)

View Item
View Item