Muliadi (2005) HUBUNGAN PEMAHAMAN KODE ETIK GURU, KETERAMPILAN ANTAR PRIBADI DAN TINGKAT DEMOKRATISASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN EFEKTIVITAS KINERJA GURU SMA NEGERI DI KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
015030013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
015030013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
015030013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (742kB) | Preview
015030013 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
015030013 Bab V.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
015030013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mcngkaji : 1 ) hubungan pemaha.man kode etik guru dengan efektivitas kinerja guru SMA Nrgen di Kota limjai. 12) huhungan keterampilan antarpnhadi dengan clekti‘nas kinerja guru SMA Seger) di Kota Binjai, (3) huhungan tingkat demokratisasi kepeminpinan kepala sekolah dengan efektivitas kinerja guru SMA Negeri di Kota Binjai, dan (4) hubungan pemahaman kode etik guru, keterampilan antarpribadi, dan tingkat demokratisasi kepemimpinan kepala sekolah secara bersama¬sama dengan efektivitas kinerja guru SMA Negeri di Kota Binjai. Populasi penelitian ini adalab guru-guru SMA Negeri Kota Binjai yang bedurnlah 297 orang. Sampel penelitian ini berjumlam 30 orang dan diambil secara proposional acak berstrata . Untuk pengumpulan variabel efektivitas kinerja guru (Y) lang,sung observasi kelapangan. Variabel pemahaman kode etik guru ( Xi) diukur dengan tes objektif berbentuk pilihan ganda empat opsi, sedangkan variabel keterampilan antarpribadi (X2) dan tingkat demokratisasi kepemimpinan kepala sekolah (X3) digunakan instrumen berbentuk angket dengan skala Likert yang terdiri atas empat opsi. Temuan penelitian ini menu njukkan bahwa : (1) rata-rata skor pemahaman kode etik guru termasuk kategori cukup (66,67 %), (2)_ rata-rata skor keterampilan antarpribadi termasuk kategori cukup ( 60%), (3) rata-rata skor tingkat demokratisasi kepeminpinan kepala sekolah termasuk kategori cukup ( 70,00%), dan (4) rata-rata skor efektivitas kinerja guru termasuk kategori cukup (36,67 %), (5) persamaan regresi ganda Y = -1162,27 + 77,89 X1 + 5,44 X2 - 4,48 X3. (6) terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman kode etik guru, keterampilan hubungan antarpribadi, dan tingkat demokratisasi kepemimpinan secara bersama-sama dengan efektivitas kinerja guru, dengan R = 0,98, (7) besarnya sumbangan relatif dan efektif pemahaman kode etik guru terhadap efektivitas kinerja guru masing-masing 61,11% dan 60,50%, (8) besamya sumbangan relatif dan efektif keterampilan antar pribadi terhadap efektivitas kinerja guru masing-masing 23,04 % dan 22,78%, (9) besarnya sumbangan relatif dan efektif tingkat demokratisasi kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektifitas kenerja guru masing-masing 15,75% dan 15,59%.Disimpulakan bahwa semakin tinggi pemahaman kode etik guru, keterampilan antar pribadi dan tingkat demokratisasi kepemimpinan kepala sekolah, semakin efektiflah kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Mul h |
Keywords: | Kode etik guru; ketrampilan antar pribadi; Demokratisasi; Kepemimpinan; Kepala sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2865 |