MANALU, PIENTI MALA NINGSIH (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156191014 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 8156191014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8156191014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM 8156191014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM 8156191014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
6. NIM 8156191014 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM 8156191014 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 8156191014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 8156191014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
13. NIM 8156191014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. NIM 8156191014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar menulis teks esksplanasi berbasis peta pikiran pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R & D) yang dikemukakan oleh Sugiyono merujuk pada model Borg & Gall. Subjek uji coba terdiri dari 3 siswa dengan uji coba perorangan, 9 siswa dengan uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa dengan uji coba lapangan terbatas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 84,37% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 83,65% pada kriteria sangat baik, dan aspek bahasa dengan rata-rata 88,46% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 86,25% pada kriteria sangat baik, (3) respon guru dengan rata-rata 86,76% pada kriteria sangat baik, (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 77,08% pada kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 80,09% pada kriteria sangat baik, dan (6) uji lapangan terbatas dengan rata-rata 85,22% pada kriteria sangat baik. Hasil belajar tes menulis teks eksplanasi siswa sebelum menggunakan modul sebesar 75,15, sedangkan hasil belajar tes menulis teks eksplanasi siswa sesudah menggunakan modul meningkat sebesar 85. Selisih yang diperoleh sebesar 9,85 dari sebelum ke sesudah. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar menulis teks eksplanasi yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis pet pikiran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 |
Keywords: | bahan ajar; modul; teks eksplanasi; peta pikiran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:10 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28647 |