PASARIBU, REYNOLD (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DAN PROBLEM POSING DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TARUTUNG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.4133311030.COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2.4133311030.APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
3.4133311030.ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4.4133311030.PREFACE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5.4133311030.TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
6.4133311030.ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7.4133311030.TABLE.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8.4133311030.APPE4NDICES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9 .4133311030.CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
13.4133311030.BAB V.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
14.4133311030.BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan Open-Ended dan Problem Posing di kelas VIII SMP Negeri 2 Tarutung pada topik Teorema Phytagoras. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Tarutung yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah seluruh siswa 195 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknikrandom sampling. Maka terpilihlah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 32 siswa dan kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk tes uraian sebanyak 5 soal pretest dan 5 soal posttestyang digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Instrument tes tersebut sebelumnya di validasi oleh empat validator yang terdiri dari 2 orang dosen matematika, 1 orang guru matematika, dan 32 orang siswa kelas IX-A dan telah dinyatakan valid. Dari hasil penelitian setelah diberi perlakuan selama dua kali pertemuan, yaitu pada kelas eksperimen 1 dengan pendekatan Open-Ended diperoleh nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 46,25806 dan kelas eksperimen II dengan pendekatan Problem posing sebesar 42,58064. Hasil uji t dua arah dengan dk = 62 dan α=0,05diperoleh bahwa -thitung< -ttabel atau ttabel > ttabel dengan dk=62 yaitu -2,153323<-2,0006667 atau 2,153323>2,0006667yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. Dalam hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan Open-Ended dan Problem Posing, di SMP Negeri 2 tarutung T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 032 |
Keywords: | kemampuan komunikasi matematis, pendekatan open-ended, pendekatan problem posing. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:10 |
Last Modified: | 21 Mar 2018 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28639 |