PURWANTI, SARA OKI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133311008 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM 5133311008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5133311008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
4. NIM 5133311008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM 5133311008 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM 5133311008 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 5133311008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 5133311008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 5133311008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
13. NIM 5133311008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
14. NIM 5133311008 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Mekanika Teknik pada kompetensidasar Menerapkan cara menyusun gaya dalam struktur bangunan di kelas X Kompetensi Keahlian DesainPemodelandanInformasiBangunan di SMK Negeri 1 PercutSei Tuan yang berjumlah 26 siswa. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting).
Data penelitian diambil dari tes hasil belajar, lembar observasi dan lembar kerja siswa (LKS). Hasil uji coba instrumen penelitian dari 25 soal pada siklus I terdapat 20 soal valid, uji tingkat kesukaran tes terdapat 20 soal sedang, uji daya pembeda tes terdapat 9 soal cukup, dan 11 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,916 (sangat tinggi). Pada siklus II dari 25 soal terdapat 20 soal valid, uji tingkat kesukaran tes terdapat 20 soal sedang, uji daya pembeda tes terdapat 6 soal baik, dan 14 soal cukup, uji reliabilitas tes didapat 0,829 (sangat tinggi).
Hasil penelitian menunjukkan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 71,15meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,27. Selanjutnya perolehan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 75,00 dengan persentase kelulusan73% meningkat pada siklus II menjadi 80.34 dengan persentase lulus 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMKNegeri 1 Percut Sei Tuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 010 |
Keywords: | Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:09 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 10:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28624 |