PARDAMEAN, KRISTHIANDA (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DAN SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATERI OPERASI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIBORONGBORONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4111311005 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4111311005 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
3. NIM 4111311005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM 4111311005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM 4111311005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
6. NIM 4111311005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
8. NIM 4111311005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. NIM 4111311005 BAB I.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
13. NIM 4111311005 BAB V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
14. NIM 4111311005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pendekatan open ended pada materi Operasi Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 1 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini ada 6 kelas, Sampel penelitian ini meliputi siswa kelas VIII-1 sebanyak 30 siswa dan siswa Kelas VIII-2 sebanyak 30 siswa di SMP Negeri 1 Siborongborong. Instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 5 soal. Sebelum test digunakan terlebih dahulu diujicobakan diluar kelas sampel dan hasilnya menunjukkan semua instrumen valid dan reliabel. Uji normalitas kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan pendekatan metakognitif menggunakan uji Lilliefors. Dari hasil perhitungan normalitas untuk kelompok siswa yang menggunakan pendekatan metakognitif didapat nilai Lhitung lebih kecil dari Ltabel atau (0,124 < 0,189) pada α 5%, maka dengan demikian populasi berdistribusi normal. Perhitungan normalitas kelompok siswa yang menggunakan pendekatan Open Ended didapat nilai Lhitung lebih kecil dari Ltabel (0,089 < 0,189 pada α 5%, maka dengan demikan populasi distribusi normal. Uji homogenitas kemampuan penalaran siswa menggunakan uji fisher. Diperoleh Fhitung = 1,375; Ftabel = 1,84. Pada α = 0,05 dengan dk pembilang = 29 dan dk penyebut = 29, ternyata F hitung < F tabel, maka disimpulkan data kemampuan penalaran siswa bervarians sama. Uji hipotesis menggunakan uji t, diperoleh thitung = 7,6, ttabel = 2,659 pada α = 0,05 dan dk = 62. Ternyata thitung = 7,6 > ttabel = 2,66 maka disimpulkan bahwa Kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pendekatan open ended pada materi Operasi Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 1 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 039 |
Keywords: | Penalaran Matematika; Pendekatan Metakognitif; Pendekatan Open Ended |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:09 |
Last Modified: | 18 Apr 2018 10:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28619 |