BUKIT, KARSELIA (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA ISTIQLAL DELITUA T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342022_COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 7133342022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM. 7133342022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. NIM. 7133342022_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
5. NIM. 7133342022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 7133342022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 7133342022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7133342022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 7133342022_BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
13. NIM. 7133342022_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 7133342022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis Lesson Study.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis Lesson Study. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif.
Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I terdapat 12 siswa (30%) yang termasuk dalam kriteria aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II terdapat 33 siswa (82,5%) hasil ini telah memenuhi indikator keberhasilan aktivitas belajar yakni ≥75% siswa dalam kelas telah mencapai kategori aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan 7 siswa (17,5%) yang tuntas dengan rata-rata nilai 46,75, sedangkan pada siklus I terdapat 19 siswa (47,5%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 65,87. Dan pada siklus II terdapat 35 siswa (87,5%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 84,32. Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dan positif antara hasil belajar siklus I dengan siklus II dimana thitung> ttabel yaitu 11,11 > 2,02.
Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Discovery Learning berbasis Lesson Study dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 020 |
Keywords: | Learning, Activity; Accounting; Learning Outcomes; Discovery Learning Based Lesson Study |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:09 |
Last Modified: | 18 Apr 2018 10:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28616 |