LAMIADIATI (2017) STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI (KASUS SMA NEGERI 3 MEDAN DAN SMA NEGERI 15 MEDAN). Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156132077 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 8156132077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
3. NIM. 8156132077 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 8156132077 PREFACE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM. 8156132077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 8156132077 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8156132077 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8156132077 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8156132077 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
13. NIM. 8156132077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi peningkatan kompetensi profesional guru mata pelajaran geografi SMA Negeri Kota Medan. Subjek penelitian ini adalah guru geografi SMA Negeri di kota Medan sebanyak 4 yaitu 2 guru geografi SMA Negeri 3 Medan dan 2 guru geografi SMA Negeri 15 Medan. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah studi dokumentasi dan teknik wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa proses perumusan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yaitu guru geografi pada SMA Negeri 3 Medan dan SMA Negeri 15 Medan merumuskan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) pada setiap semester. Proses dan tahapan yang dilakukan dalam pengembangan materi juga berbeda-beda, guru geografi SMA Negeri 3 Medan melakukan pengembangan materi hanya dengan mengandalkan materi sebelumnya saja, sedangkan guru geografi SMA Negeri 15 Medan mengembangkan materi lebih kreatif, yaitu menggunakan teknologi, seperti mencari materi dengan cara mendownload data dan video melaui internet. Bentuk pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi dalam pengembangan diri, ditemukan bahwa guru geografi SMA Negeri 3 Medan tidak semua dapat menggunakan komputer dengan baik sedangkan guru geografi SMA Negeri 15 Medan dapat menggunakan dengan baik. Bentuk kegiatan pengembangan kompetensi profesi berkelanjutan yang dilakukan oleh guru geografi SMA Negeri se-Kota Medan, seperti mengikuti kegiatan pelatihan/seminar, Penelitian Tindakan Kelas, dan Mengikuti forum ilmiah seperti MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Solusi guru dalam menerapkan bentuk-bentuk strategi pengembangan keprofesionalan berkelanjutan, seperti ketidak mahiran dalam menggunakan teknologi sehingga sulit untuk mencari materi tambahan wawasan, kurangnya buku referensi di perpustakaan sekolah, dan banyaknya jam mengajar yang diberikan, dan solusi bagi guru gografi SMA Negeri 3 Medan maupun guru lainnya yang kurang mahir menggunakan teknologi yaitu harus lebih keras lagi dalam hal mendalami teknologi dan berbagai informasi, dan pihak sekolah harus sering membuat pelatihan mengenai penggunaan teknologi sehingga memudahkan para guru geografi maupun guru lainnya untuk mengembangkan keilmuannya