PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.P. 2016/2017

SIAGIAN, TIONAR (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133121055 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133121055 COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133121055 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133121055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133121055 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133121055 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133121055 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133121055 PREFACE.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133121055 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133121055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133121055 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133121055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133121055 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133121055 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133121055 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133121055 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133121055 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133121055 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133121055 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133121055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains dan kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan design Two Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inquiry training dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains yang berjumlah 7 soal dan tes kognitif yang berjumlah 5 soal dalam bentuk essai yang telah divalidasi, lembar observasi sikap dan lembar keterampilan. Uji hipotesis menggunakan uji satu pihak dengan taraf = 0,05.
Data hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kognitif kelas eksperimen 20,83 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 21,77. Nilai rata-rata pretes keterampilan proses sains kelas eksperimen 19,03 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 19,89. Pengujian uji t dua pihak menunjukkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kedua kelas kemudian diberi perlakuan model pembelajaran yang berbeda dan diperoleh rata-rata nilai postes kognitif kelas eksperimen sebesar 70,51 dan nilai postes kelas kontrol sebesar 63,86. Nilai rata-rata postes keterampilan proses sains kelas eksperimen sebesar 70,09 dan nilai postes kelas kontrol sebesar 63,11. Hasil pengamatan observer diperoleh rata-rata peningkatan aktivitas siswa mencapai 61,91 termasuk dalam kategori aktif. Rata-rata nilai keseluruhan N-gain untuk kognitif siswa untuk kelas eksperimen 0,63 termasuk dalam kategori sedang, sedangkan untuk kelas kontrol 0,55 termasuk dalam kategori sedang. Rata-rata nilai keseluruhan N-gain untuk kognitif siswa untuk kelas eksperimen 0,65 termasuk dalam kategori sedang, sedangkan untuk kelas kontrol 0,54 termasuk dalam kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis uji t satu pihak pada keterampilan proses sains dan kognitif masing-masing menunjukkan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kognitif dan keterampilan proses sains yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model konvensional dengan pengaruh masing-masing sebesar 8% dan 11% pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI SMA Negeri 7 Medan T.P.2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 028
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING, KOGNITIF, KETERAMPILAN PROSES SAINS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:03
Last Modified: 06 Mar 2018 07:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28586

Actions (login required)

View Item
View Item