Sinaga, Hermanto (2017) PENGEMBANGAN MODUL PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA KELAS X SMA BERBASIS PROYEK PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132131035 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 4132131035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM. 4132131035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM. 4132131035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 4132131035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 4132131035 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4132131035 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4132131035 LIST OF APPENDICES .pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM. 4132131035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
10. NIM. 4132131035 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (749kB)
11. NIM. 4132131035 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (703kB)
12. NIM. 4132131035 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (915kB)
13. NIM. 4132131035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 4132131035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
15. NIM. 4132131035 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh modul penuntun praktikum kimia berbasis proyek yang standar untuk siswa kelas X SMA/MA semester I pada materi ikatan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum kimia SMA yang beredar di Sumatera Utara, seluruh guru kimia di SMA Negeri 9 Medan, seluruh dosen kimia di Unimed dan seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 9 Medan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas (30 siswa) SMA Negeri 9 Medan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan pengembangan eksperimen (development and research) dengan metode ADDIE (analysis , design, development, implementation, and evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul penuntun praktikum yang telah dikembangkan telah layak dan standar sesuai dengan BSNP. Modul penuntun praktikum ikatan kimia terdiri dari percobaan: ikatan ion dan ikatan kovalen serta ikatan kovalen polar dan nonpolar. Standarisasi modul penuntun praktikum yang dikembangkan menunjukkan bahwa responden memberikan respon positif dengan nilai rata-rata 3,53 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata standarisasi penutun praktikum yang ada di sekolah (penuntun praktikum A= 3,11 dan penuntun praktikum B= 3,17). Uji coba modul penuntun praktikum meningkatkan hasil belajar rata-rata nilai gain sebesar 0,76 dengan nilai rata-rata aktivitas siswa 85,43. Data peningkatan hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan uji t pihak kanan satu kelompok. Uji t-test untuk hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (5,73>1,69) pada taraf 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa modul penuntun praktikum yang telah dikembangkan baik dan layak digunakan untuk pembelajaran kimia di SMA/MA.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | SK-2018 KIM 027 |
| Keywords: | Modul Penuntun Praktikum, Pengembangan Dan Ikatan Kimia |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:01 |
| Last Modified: | 21 Aug 2025 05:26 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28550 |
