Sinaga, Hermanto (2017) PENGEMBANGAN MODUL PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA KELAS X SMA BERBASIS PROYEK PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132131035 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 4132131035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM. 4132131035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM. 4132131035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 4132131035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 4132131035 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4132131035 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4132131035 LIST OF APPENDICES .pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM. 4132131035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
13. NIM. 4132131035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 4132131035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh modul penuntun praktikum kimia berbasis proyek yang standar untuk siswa kelas X SMA/MA semester I pada materi ikatan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum kimia SMA yang beredar di Sumatera Utara, seluruh guru kimia di SMA Negeri 9 Medan, seluruh dosen kimia di Unimed dan seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 9 Medan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas (30 siswa) SMA Negeri 9 Medan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan pengembangan eksperimen (development and research) dengan metode ADDIE (analysis , design, development, implementation, and evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul penuntun praktikum yang telah dikembangkan telah layak dan standar sesuai dengan BSNP. Modul penuntun praktikum ikatan kimia terdiri dari percobaan: ikatan ion dan ikatan kovalen serta ikatan kovalen polar dan nonpolar. Standarisasi modul penuntun praktikum yang dikembangkan menunjukkan bahwa responden memberikan respon positif dengan nilai rata-rata 3,53 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata standarisasi penutun praktikum yang ada di sekolah (penuntun praktikum A= 3,11 dan penuntun praktikum B= 3,17). Uji coba modul penuntun praktikum meningkatkan hasil belajar rata-rata nilai gain sebesar 0,76 dengan nilai rata-rata aktivitas siswa 85,43. Data peningkatan hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan uji t pihak kanan satu kelompok. Uji t-test untuk hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (5,73>1,69) pada taraf 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa modul penuntun praktikum yang telah dikembangkan baik dan layak digunakan untuk pembelajaran kimia di SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 027 |
Keywords: | Modul Penuntun Praktikum, Pengembangan Dan Ikatan Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:01 |
Last Modified: | 24 Feb 2018 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28550 |