WULANDARI, PUTRI (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR TARI TANJUNG KATUNG PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 BUKITTINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2131140039 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 2131140039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
3. NIM. 2131140039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 2131140039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 2131140039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 2131140039 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2131140039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 2131140039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
12. NIM. 2131140039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
13. NIM. 2131140039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai seni budaya khususnya materi seni tari di SMA Negeri 5 Bukittinggi sehingga perlu adanya analisis tentang faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada siswa sehingga menyebabkan rendahnya nilai mereka pada materi tari Tanjung Katung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang menyebabkan kesulitan belajar tari Tanjung Katung di SMA Negeri 5 Bukittinggi .
Penelitian ini menggunakan teori kesulitan belajar oleh Mulyono (2012:8) pada faktor internal berupa pengaruh psikologis dan sosial, serta faktor eksternal yakni strategi pembelajaran yang keliru serta kegiatan belajar yang kurang membangkitkan motivasi
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Bukittinggi dengan populasi siswa kelas XI dan sampelnya 122 orang siswa dari 4 kelas. pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, kuisiner, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa tari Tanjung Katung tergolong sulit dengan indeks interpretasi 71,70%. Kesulitan tersebut disebabkan oleh faktor internal berupa faktor psikologis yakni intelegensi sebanyak 48, 38% siswa sangat sulit mempelajari gerak kaki, daya ingat sebanyak 58,20% siswa sulit menghapal ragam 1, kemauan sebanyak 41,80% siswa kurang tertarik mempelajari tari Tanjung Katung, bakat sebanyak 39, 34% siswa tidak berbakat dalam bidang seni tari, faktor sosial dengan hasil 48, 36% siswa setuju bahwa guru tidak berinteraksi dengan baik kepada siswa di kelas, dan juga faktor eksternal yakni strategi pembelajaran yang keliru dengan hasil 50,82% siswa menyatakan metode yang digunakan guru tidak menarik, serta 50% siswa setuju bahwa guru kurang memberikan motivasi pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 TARI 001 |
Keywords: | KESULITAN BELAJAR, TARI TANJUNG KATUNG |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music M Music and Books on Music > MT Instruction and study N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:00 |
Last Modified: | 24 Feb 2018 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28547 |