Supini (2010) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TEKNIK MERINGKAS CATATAN MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
081188910014 - KataPengantar.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
081188910014 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
081188910014 - DaftarIsi.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
081188910014 - Bab-I.pdf - Published Version
Download (689kB) | Preview
081188910014 - Bab-V.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
081188910014 - DaftarPustaka.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan: (1) Menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw dengan pembelajaran tradisional dan menggunakan teknik meringkas catatan menggunakan peta pikiran dibandingkan dengan teknik meringkas catatan tanpa peta pikiran, (2) Interaksi antara model pembelajaran dan teknik meringkas catatan terhadap hasil belajar biologi siswa, (3) Motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw dengan pembelajaran tradisional dan menggunakan teknik meringkas catatan menggunakan peta pikiran dibandingkan dengan teknik meringkas catatan tanpa peta pikiran, (4) Interaksi antara model pembelajaran dan teknik meringkas catatan terhadap motivasi belajar siswa.Penelitian ini dilakukan di dua SMA Negeri di kabupaten Deli Serdang, pada tahun pelajaran 2009-2010. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri kelas XI IPA di kabupaten Deli Serdang, sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Tanjung Morawa dan siswa SMA Negeri I Lubuk Pakam kelas XI IPA yang dipilih secara purposif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Seluruh data dianalisa menggunakan program SPSS 17.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, instrumen yang dipergunakan sudah reliabel dan valid untuk memperoleh data hasil penelitian. Uji hipotesis menunjukkan: (1) Hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw berbeda signifikan dibandingkan pembelajaran tradisional (Fhitung = 14,88, P = 0,00), (2) Hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan menggunakan teknik meringkas catatan menggunakan peta pikiran berbeda signifikan dibandingkan dengan teknik meringkas catatan tanpa peta pikiran (Fhaung = 5,07, P = 0,02), (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan teknik meringkas catatan terhadap hasil belajar biologi siswa (Fhitung = 0,008, P = 0,93), (4) Motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw berbeda signifikan dibandingkan dengan pembelajaran tradisional (Fh,tung = 98,55, P = 0,00), (5) Motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan teknik meringkas catatan menggunakan peta pikiran berbeda signifikan dibandingkan dengan teknik meringkas catatan tanpa peta pikiran (Finning = 7,60, P = 0,006), dan (6) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan teknik meringkas catatan terhadap motivasi belajar siswa ( Fhwing = 6,24, P = 0,01).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Sup p |
Keywords: | Jigsaw; Teknik Meringkas; Peta Pikiran; Motivasi; Hasil Belajar Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2854 |