Lubis, Bambang Fauzi (2017) PERBEDAAN PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNOLOGI OTOMOTIF KELAS X SMK SWASTA RAKSANA-1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123321006 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 5123321006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
4. NIM 5123321006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. NIM 5123321006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM 5123321006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM 5123321006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 5123321006 BAB I.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
12. NIM 5123321006 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
13. NIM 5123321006 DAFTAR PUSTAKA - Copy.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kompetensi PDTO siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X program keahlian teknologi otomitif SMK Swasta Raksana-1 Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian teknologi otomotif SMK Swasta Raksana-1 Medan tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X program keahlian teknologi otomotif SMK Swasta Raksana-1 Medan yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 125 orang. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang merupakan bagian dari populasi dan dipilih secara acak. Kelas yang dipilih menjadi sampel penelitian ini adalah kelas X Auto 1 dengan jumlah 31 siswa dan kelas X Auto 2 dengan jumlah 30 siswa. Kelas X Auto 1 diterapkan model pembelajaran STAD (kelas eksperimen) sedangkan X Auto 2 diterapkan model pembelajaran Ekspositori (kelas kontrol). Pengujian normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada model pembelajaran STAD diperoleh Lhitung=0,0890 dan Ltabel=0,161 , maka diperoleh Lhitung(0,0890)<Ltabel(0,161) pada kategori normal, dan pada model pembelajaran ekspositori Lhitung=0,0783 dan Ltabel=0,161 maka diperoleh Lhitung(0,0783) <Ltabel(0,161) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara dua kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini digunakan uji barlett pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh fhitung= 1,020 dan ftabel=1,8915, maka fhitung(1,020)<ftabel(1,8915) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Digunakan uji-t pada taraf kepercayaan α=0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung=3,059 dan ttabel= 1,6717. Sehingga thitung>ttabel dan diambil kesimpulan bahwa hasil belajar PDTO siswa yang diajar dengan strategi Pembelajaran STAD lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Ekspositori. Dengan hasil rata-rata kelas eksperimen = 84,67 dan kelas kontrol = 77,81.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 011 |
Keywords: | Student Teams Achievment Divisions (STAD), Ekspositori, Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 16:59 |
Last Modified: | 12 Feb 2018 09:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28530 |