Zahari, Cut Latifah (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA DENGAN MEDIA AUTOGRAPH PADA SISWA KELAS XII IPA SMA SWASTA ISTIQLAL DELITUA TP 1009/2010. Masters thesis, UNIMED.
071188830006 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (857kB) | Preview
071188830006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
071188830006 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
071188830006 Bab V.pdf - Published Version
Download (896kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah: (1) Mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan media autograph. (2) Mengetahui tingkat pemahaman matcmatika siswa dengan menggunakan media autograph dan (3) Mcndeskripsikan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media autograph.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa SMU Swasta Istiglal Delitua, kelas XII Program IPA Tabun Ajaran 2009/ 2010 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang siswa, terdiri dan 10 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan dengan tingkat kemampuan yang heterogen. Objek Pcnelitian adalah penggunaan media autograph pada mated integral (menghitung luas dacrah). Data penelitian diperoleh dan hasil tes awal dan akhir mengcnai kentampuan komunikasi dan pcmaharnan matematika, hasil observasi guru dan siswa dan angket respon siswa.Penelitian ini terdiri dad 2 siklus. Masing-masing siklus menghabiskan 4 kali pertemuan. hist:rumen yang digunakan adalah tes awal dan akhir dan kemampuan komunikasi dan pemahaman matematika sena angket respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media autograph. Hasil penclitian adalah (1) penggunaan media autograph dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa, (2) Penggunaan media autograph dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa dan, (3) penggunaan media autograph dapat merubah respon siswa terhadap pernbelajaran matematika kc arah yag baik (positif. Dan hasil tes awal kemampuan komunikasi matematika nilai rata-rata = 54.14 dan tes awal kemampuan pemahaman matematika nilai rata-rata = 33.1. rata-rata nilai tes akhir kemampuan komunikasi matematika=65.69 dan untuk kemampuan pemahaman matematika = 74.83. hasil tes siklus 1 adalah 62.4 atau 52% dan siklus II adalah 74.1 atau 90%.Berdasarkan kesimpulan di alas rnaka penelitian ini menyarankan (a) pembclajaran matematika dengan menggunakan media autograph depot meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemahaman matematika siswa, (b) pcmbelajaran dengan autograph dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga respon siswa terhadap pcmbelajaran matematika menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Zah m |
Keywords: | Komunikasi; Siswa; Media Autograph |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 10 May 2016 19:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2853 |