Pasaribu, Vidia Imanda and Wardani, Lulu (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
VI Pasaribu, L Wardani.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) serta untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi pokok Ekosistem di kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah semua siswa X SMA Negeri 8 Medan. Sampel terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 80 orang yang diambil secara acak purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen berupa tes pilihan berganda. Dari hasil perhitungan persentase peningkatan hasil belajar ditemukan bahwa persentase hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) adalah 41,19 % dan persentase peningkatan hasil belajar dengan menggunakan Student Teams Achievement Division (STAD) adalah 27,61 %. hasil perhitungan statistik uji t menunjukkan bahwa thitung = 4,06. Pada = 0,05 dengan ttabel = 1,994 H0 diterima jika -1,994 < thitung < 1,994 dan Ha diterima jika thitung tidak berada pada wilayah -1,994 dan 1,994. Dengan demikian dinyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Pair Share (TPS) pada materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Think Pair Share (TPS); Student Teams Achievement Division (STAD) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 05:48 |
Last Modified: | 25 Jan 2018 05:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28465 |