PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI, EKSPOSITORI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERIN 1 RANTAU SELATAN

Sulaiman (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI, EKSPOSITORI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERIN 1 RANTAU SELATAN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Sulaiman.pdf]
Preview
Text
Sulaiman.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran ekspositori terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa; (2) Pengaruh gaya belajar kinestetik, auditori dan visual terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa; (3) Interaksi antara model belajar dan gaya belajar terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rantau Selatan berjumlah 235 siswa terdiri dari VI kelas. sampel yang digunakan kelas XI2 perlakuan model inkuiri dan kelas XI4 model ekspositori. Instrument pengumpulan data keterampilan proses sains berbentuk tes uraian sebanyak 20 soal, hasil belajar berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 24 soal dan gaya belajar terdiri dari 30 butir pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis varians dua jalur (ANAVA 2 x 3) dengan α = 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) KPS nilai Fhitung = 7,87 > Ftabel = 3,97 dan hasil belajar Sig 0,002 < 0,05 menolak Ho dan rata-rata nilai model inkuiri keterampilan proses sains ( = 45,4) dan hasil belajar ( = 65,83) sedangkan model ekspositori keterampilan proses sains ( = 43,7) dan hasil belajar ( = 60,57), dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran ekspositori terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa; (2) keterampilan proses sains nilai Fhitung = 12,1 > Ftabel = 3,12 dan hasil belajar Sig 0,004 < 0,05 menolak Ho dan rata-rata KPS siswa gaya belajar kinestetis ( = 48,1) lebih tinggi dari auditori ( = 47,8) juga visual ( = 38,2), dan rata-rata hasil belajar gaya belajar kinestetis ( = 64,33) lebih tinggi dari auditori ( = 60,57) juga visual ( = 61,30), dapat disimpulkan ada pengaruh gaya belajar kinestetik, auditori dan visual terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa; (3) keterampilan proses sains nilai Fhitung = 6,39 > Ftabel = 3,12, untuk hasil belajar diketahui tingkat sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, dapat disimpulkan terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model Pembelajaran; Gaya Belajar; Keterampilan Proses Sains; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 25 Jan 2018 05:28
Last Modified: 25 Jan 2018 05:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28462

Actions (login required)

View Item
View Item