Depari, Siska Erviani (2017) PENDIDIKAN KARAKTER DAN PROSES PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
SE Depari.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
Abstract
Pendidikan karakter sangat penting dikembangkan di Indonesia. Perkembangan IPTEK dan penurunan kualitas moral bangsa menjadi latar belakang perlunya pendidikan karakter kepada anak bangsa saat ini. Pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa pada diri peserta didik sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebagai karakter dirinya, menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat, dan warga Negara yang religius, nasionalis, produktif dan kreatif. Pembentukan karakter harus dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan yang melibatkan seluruh aspek baik pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dimulai sejak usia sekolah dasar. Pembentukan karakter yang secara terus menerus dan berkelanjutan akan menjadi kebiasaan yang akhirnya akan menjadi kepribadian yang kuat dan baik. Mata pelajaran IPA adalah suatu mata pelajaran yang dianggap dapat menumbuhkan karakter terhadap peserta didik sebagaimana yang terdapat dalam tujuan pembelajaran IPA yang memuat kumpulan teori yang sistematis, penerapannya secara umum terbatas pada gejala alam, lahir dan berkembang melalui metode ilmiah yaitu observasi dan eksperimen serta menuntut sikap ilmiah seperti rasa ingin tahu, terbuka, jujur, teliti dan sebagainya. Berdasarkan proses pembelajaran IPA di sekolah dasar terdapat nilai-nilai karakter yang perlu ditanamkan siswa yaitu nilai-nilai karakter prioritas dan nilai-nilai karakter pendukung. Nilai-nilai karakter prioritas merupakan nilai-nilai karakter yang wajib ditanamkan pendidik dalam kegiatan pembelajaran IPA meliputi jujur, disiplin, tanggung jawab dan kerja keras. Sedangkan nilai-nilai karakter pendukung ialah nilai-nilai karakter yang dikembangkan pendidik untuk mendukung penanaman nilai-nilai karakter prioritas supaya dapat berjalan dengan baik meliputi religius, kebersamaan, mandiri, rasa ingin tahu, teliti, kerjasama, percaya diri, keberanian, dan peduli terhadap lingkungan. Melalui pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA diharapkan nilai-nilai karakter peserta didik dapat di gali dan dioptimalkan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan Karakter; Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 04:04 |
Last Modified: | 25 Jan 2018 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28459 |