HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI STAMBUK 2014 PADA MATA KULIAH EKOLOGI TUMBUHAN DAN TAKSONOMI TUMBUHAN TINGKAT TINGGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Sari, Rika Diana and Hasairin, Ashar (2017) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI STAMBUK 2014 PADA MATA KULIAH EKOLOGI TUMBUHAN DAN TAKSONOMI TUMBUHAN TINGKAT TINGGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of RD Sari, A Hasairin.pdf]
Preview
Text
RD Sari, A Hasairin.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), hasil belajar mahasiswa, dan hubungan antara persepsi mahasiswa tentang pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi Stambuk 2014 pada mata Kuliah Ekologi Tumbuhan dan Taksonomi Tumbuhan Tingkat Tinggi di Universitas Negeri Medan. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Stambuk 2014 berjumlah 207 orang. Pengambilan sampel diambil dengan teknik Cluster Sampling. Jumlah seluruh sampel adalah 60 orang. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif korelatif, dengan menggunakan angket, dokumentasi nilai, dan wawancara sebagai alat pengumpul data. Untuk teknik analisis data untuk persamaan regresi Y ̂= 1,39 + 0,014 X, dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment diperoleh nilai Koefisien korelasi (r) = 0,35 dan Indeks determinasi (I) = 12,25%. Artinya ada korelasi yang positif dan berarti antara persepsi mahasiswa tentang pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ekologi Tumbuhan dan Taksonomi Tumbuhan Tingkat Tinggi, dimana fakor persepsi mahasiswa tentang pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) memberikan konstribusi sebesar 12,25% terhadap hasil belajar mahasiswa. Nilai rata – rata persepsi mahasiswa tentang pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) adalah 133,75 dan berada pada kategori baik. Nilai rata – rata hasil belajar mahasiswa yang diperoleh yaitu 3,28 yang berada pada kategori cukup baik. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel atau 2,85 > 2,00. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi stambuk 2014 pada mata kuliah Ekologi Tumbuhan dan Taksonomi Tumbuhan Tingkat Tinggi Universitas Negeri Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Persepsi; Pendekatan JAS; Hasil Belajar; Ekologi Tumbuhan; Taksonomi Tumbuhan Tingkat Tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QK Botany > QK900 Plant ecology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 25 Jan 2018 03:33
Last Modified: 25 Jan 2018 03:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28448

Actions (login required)

View Item
View Item