Pertiwi and Sipahutar, Herbert and Mulyana, Rachmat (2017) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IPA DI MAN SE-KOTA MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Pertiwi, H Sipahutar, R Mulyana.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelatif dengan teknik analisis korelasi regresi pada taraf signifikansi α = 0,05. Penelitian ini dilakukan di MAN-1, MAN-2 dan MAN-3 Medan yang bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan hasil belajar biologi. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas XI IPA di MAN se-Kota Medan yaitu MAN-1 (177 siswa), MAN-2 (200 siswa) dan MAN-3 (111 siswa) pada tahun pembelajaran 2014/2015 dengan total siswa berjumlah 488 siswa dari seluruh populasi siswa kelas XI IPA sebanyak 563 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket konsep diri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar biologi (r=0,418; F=103,123; P= 0,000). Kesimpulan umum dari penelitian ini menggambarkan hasil belajar biologi sehingga hasil penelitian ini mengimplikasikan konsep diri memberikan kontribusi secara signifikan dengan hasil belajar biologi pada siswa kelas XI IPA di MAN se-Kota Medan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Mata pelajaran biologi; Konsep diri; Hasil belajar biologi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 02:45 |
Last Modified: | 25 Jan 2018 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28440 |