Nasution, Nurul Hidayah (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA DI KELAS XI SMA PRAYATNA MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
NH Nasution.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Centered Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok system reproduksi pada manusia di kelas XI SMA Prayatna Medan. Jenis penelitian adalah quasi experimental. Populasi penelitian berjumlah 156 siswa. Sampel berjumlah 38 orang. Hasil uji persyaratan analisis data,diketahui hasil belajar siswa dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Nilai rata-rata pre-test siswa 56,71 dengan stándar deviasi 10,19, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa 77,5 dengan stándar deviasi 9,93. Adanya pengaruhmodel Problem Centered Learning terhadap hasil belajar siswa terbukti melalui pengujian hipótesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05 dimana thitung > ttabel (9,23 >1,99), yang berarti dalam penelitianini H0 ditolak dan sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Centered Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi pokok sistem reproduksi pada manusia.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Model Problem Centered Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 02:06 |
Last Modified: | 25 Jan 2018 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28436 |