Ramadhan, Nuri and Rina (2017) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN DAUR AIRUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
N Ramadhan, Rina.pdf - Published Version
Download (912kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model picture and picture. Yang menjadi subjek adalah siswa kelas lima dengan jumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model picture and picture dalam mata pelajaran IPA pada pokok bahasan daur air.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes.Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I observasi guru memperoleh persentase nilai 60% dan obsevasi siswa dengan nilai 68 dan memperoleh kategori cukup. Dari 30 siswa terdapat 18 siswa yang tuntas belajar dengan persentase 60% dan 12 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 40%, serta mendapatkan nilai rata-rata 68. Maka hasil penelitian siklus I masih belum mencapai kriteria yang diharapkan. Hasil penelitian siklus II observasi guru memperoleh hasil 79,6% dan observasi siswa dengan nilai 86 dan sudah tergolong kategori baik. Dari 30 siswa terdapat 26 siswa yang tuntas belajar dengan persentase 87% dan 4 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 13% serta mendapatkan nilai rata-rata 78,6.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model Picture and Picture |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 09:00 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 09:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28432 |